12.38
0

Bukti bahwa dinosaurus dahulu pernah hidup di Bumi semakin diperkuat dengan adanya beberapa penemuan. Penemuan tersebut berupa jejak kaki yang diduga merupakan jejak kaki dinosaurus. Jejak kaki tersebut ditemukan di Australia.
Jejak kaki dinosaurus di Australia/Okezone.com
Jejak kaki dinosaurus di Australia/Okezone.com
Jejak tersebut, yang disebut sebagai dinosaurus ‘stampede‘ menarik perhatian peneliti. Stampede diartikan sebagai jejak berbagai macam dinosaurus seukuran ayam hingga burung unta yang lari untuk menyelamatkan diri dari penyerbuan dinosaurus karnivora raksasa.
Jejak kaki hewan purba ini pernah ditemukan di tahun 1960 oleh seorang pekerja penggalian. Ia sebelumnya menduga bahwa jejak kaki ini ialah jejak kaki burung. Di tahun 1970-an, jejak kaki ini diakui sebagai trek dinosaurus. Melalui proses penggalian, lebih dari 60 ton batu telah dipindahkan dan peneliti menemukan 3 ribu sampai 4 ribu jejak kaki dinosaurus. Pada tahun 1984, peneliti mengidentifikasi bahwa ribuan jejak kaki yang terbentuk ini merupakan hasil dari penyerbuan dinosaurus.
John Taylor dari Dinosaur Stampede National Monument di Lark Quarry, Queensland mengatakan, insiden penyerbuan dinosaurus ini diduga berlangsung selama lima menit. Jejak kaki dinosaurus tersebut masih bisa dilihat hingga saat ini. Ribuan pengunjung dari seluruh dunia mengunjungi situs di Australia ini setiap tahun. Pada tahun 2004, area ini ditambahkan dalam daftar National Heritage Australia. (Okezone/tom)

0 komentar: